Displaying items by tag: Warta Uji Kompetensi Guru

Jakarta - Menjelang UKG 2015, Menteri Anies Baswedan berpesan bahwa untuk bisa menjadi bangsa yang hebat kita harus menjadi bangsa pembelajaran. Dan setiap komponen di bangsa ini harus terus menerus belajar dan pada proses belajar tersebut kita di harapkan selalu bercermin untuk melihat apa yang kurang dari dalam diri kita.

Published in Warta Video

Pontianak - Dalam rangka persiapan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada bulan November 2015, bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat Jl. Abdul Muis Tanjung Hulu Pontianak, Dilaksanakan Bimbingan Teknis Operator Tempat Uji Kompetensi Guru (TUKG) dari tanggal 23 - 25 Oktober 2015. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh P4TK BMTI  Bandung bekerjasama dengan LPMP Provinsi Kalimantan Barat.

 

Dalam kegiatan tersebut para Operator TUKG dari 14 Kabupaten / Kota di Provinsi Kalimantan Barat diberikan Bimbingan Teknis mengenai sistematika Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Online Tahun 2015. Materi yang meluputi konfigurasi jaringan, instalasi server TUKG dan instalasi Komputer Client untuk TUKG disampaikan selama 3 hari kegiatan oleh narasumber dari P4TK BMTI  Bandung dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat yang telah mengikuti pelatihan di tingkat Pusat.

 

Dengan Dilaksanakan Bimbingan Teknis Operator Tempat Uji Kompetensi Guru (TUKGi diharapkan pada tanggal 29 Oktober  s.d. 4 November 2015 nanti di 14 Kabupaten/Kota pelaksanaan Uji Coba Uji Kompetensi Guru (UKG) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 dapat berjalan dengan Lancar.

Published in Penjaminan Mutu

Pontianak - Tahun 2015 ini Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Uji Kompetensi bagi seluruh Guru di Indonesia. Untuk Provinsi Kalimantan Barat pelaksanaannya dikoordinir P4TK BMTI  Bandung bekerjasama dengan LPMP Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru 2015 yang akan dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Barat diperlukan adanya sistem dan mekanisme pelaksanaan yang baik. Untuk itulah diperlukan data data yang valid, agar sasaran calon peserta Uji Kompetensi dapat terpetakan sehingga tujuan dari program ini dapat tercapai.

Sabagai bagian dari rangkaian kegiatan Uji Kompetensi Guru 2015 saat ini tengah dilaksanakan kegiatan Rekon Data Peserta Uji Kompetensi Guru Provinsi Kalimantan Barat 2015 yang akan berakhir pada tanggal 23 Oktober 2015 . Diharapkan data yang diperlukan untuk mendukung Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru nantinya dapat disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Published in Penjaminan Mutu
Saturday, 03 October 2015 00:00

Rakor Persiapan UKG Online 2015

Pontianak - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada bulan November 2015. Uji Kompetensi Guru (UKG) akan dilaksanakan secara Online dan wajib diikuti semua guru yang telah bersertifikasi dan  yang telah memenuhi syarat untuk sertifikasi.

 

Untuk Pelaksanaan UKG Online Provinsi Kalimantan Barat tahun ini dilaksanakan oleh P4TK BMTI Bandung selaku UPT dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.  LPMP Provinsi Kalimantan Barat pada pelaksanaan UKG Online ini menjadi mitra P4TK BMTI Bandung selaku penyelenggara, dimana  LPMP Provinsi Kalimantan Barat mengkoordinir teknis pelaksanaan UKG Online di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan 78 TUK yang  tersebar di 14 kabupaten/kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan UKG memiliki pemahaman yang sama tentang mekanisme pelaksanaan UKG, maka diaksanakan Rakor Persiapan Uji Kompetensi Guru Online Provinsi Kalimantan Barat tahun 2015.

 

Rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) ini diikuti Peserta yang terdiri dari unsur P4TK BMTI Bandung, Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Operator Data Sertifikasi Kabupaten/Kota serta unsur dari LPMP Provinsi Kalimantan Barat sendiri. Kegiatan Rakor ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 28 s.d 30 September 2015 bertempat di Hotel Gajah Mada Pontianak.

Published in Penjaminan Mutu
Jakarta - Pemerintah berencana akan menguji kompetensi terhadap seluruh guru pada akhir November tahun ini. Ujian ini dilakukan sebagai pemetaan terhadap kompetensi yang dimiliki guru. Ujian akan digelar di sebanyak 5.000 tempat uji kompetensi (TUK).

 

 

 

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata menyampaikan, selama ini pemerintah baru memiliki potret uji kompetensi guru (UKG) terhadap 1,6 juta guru. Dari jumlah tersebut, kata dia, hanya 192 orang yang kompetensinya di atas 90. "Akhir November akan menguji seluruh guru tanpa kecuali," katanya saat memberikan keterangan pers di Kemendikbud, Jakarta, Senin (7/10/2015).

 

 

Sumarna mengatakan, dengan ujian ini akan diketahui kemampuan guru. Bagi guru yang kompetensinya kurang, kata dia, akan diberikan pembekalan melalui pengembangan profesi berkelanjutan. "Tidak melulu tatap muka, tetapi bisa daring," katanya.

 

 

 

Guru-guru akan dikelompokkan sesuai kemampuannya mengacu pada hasil ujian tersebut. Mereka yang meraih skor tinggi cukup mengikuti pembekalan wajib selama 4-10 jam. Sementara yang meraih skor kurang akan lebih banyak jumlah jamnya.

 

Sumarna menyebutkan, saat ini rata-rata nilai UKG 4,7. Target renstra tahun ini, kata dia, rata-rata nilai UKG 5,5. "Nanti tahun 2019 rata-rata kompetensi guru 8,0," katanya.

 

 

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Sumarna, berbagai macam perlakuan dilakukan terhadap guru. Namun demikian, kata dia, peningkatan kompetensi guru bukan melulu tugas pemerintah, tetapi kewajiban individu guru juga ada. "Target kita adalah melakukan ujian terhadap mereka dan akan dilakukan peningkatan kompetensi," katanya.

 

Sumber : http://kemdikbud.go.id

Published in Penjaminan Mutu