Tuesday, 25 February 2020 14:16

Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pontianak

Written by hr
Rate this item
(2 votes)

Pontianak,25/02/2020 - LPMP Kalimantan Barat - Sebagai upaya nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pontianak  dengan dukungan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat,  yaitu dilaksanakannya kegiatan  Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Tahun 2020. Melalui Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ini diharapkan mampu membekali kepala sekolah dan warga sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pontianak untuk : memahami SNP dan Penjaminan Mutu Pendidikan, sekolah memiliki komitmen untuk menjalankan Penjaminan Mutu dan Peningkatan Mutu, serta sekolah dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan tepat.

Seperti di utarakan oleh Kepala Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pontianak diacara pembukaan dalam sambutannya ; “SUPM adalah salah satu sekolah setingkat SMA yang di miliki oleh kementrian kelautan dan perikanan untuk mendidik sumber daya manusia yang mumpuni dan profesional dalam bidang perikanan. Sekolah ini memiliki 465 siswa pada tahun ajaran 2019/2020 dari berbagai daerah/provinsi di luar maupun dari  pulau Kalimantan termasuklah dari kepulauan natuna. Sekolah ini memiliki 29 (dua puluh Sembilan) pendidik dan 29 (dua puluh sembilan) tenaga kependidikan dengan berbagai macam latar pendidikan serta memiliki 4 program keahlian yaitu: Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP), Teknologi Budidaya Perikanan (TBP), Teknika Perikanan Laut (TPL) dan Nautika Perikanan Laut (NPL).” Paparnya.

Kepala Seksi FPMP LPMP Kalimantan Barat Suprapti, M.Pd  yang mendampingi Kepala LPMP Asep Sukmayadi, S.IP, M.SI pada acara pembukaan kegiatan mengemukakan, kegiatan SPMI di SUPM ini berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 24 s/d 27 Februari  2020. Diikuti oleh 35 orang peserta dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan   dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pontianak.

Dalam sambutan sekaligus pengarahannya di hadapan peserta, Kepala LPMP Kalimantan Barat mengemukakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.

Selanjutnya sebagaimana diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, yang selanjutnya telah mengalami dua kali perubahan menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2015 bahwa setiap Satuan Pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Didalam sambutannya Kepala LPMP juga  menghimbau agar di sekolah tercipta suasana ” Merdeka Belajar” yaitu  kegiatan belajar mengajar yang happy, menyenangkan baik bagi guru dan siswa. Merdeka belajar ini bertujuan agar para guru, siswa, serta orangtua bisa mendapat suasana yang bahagia, pendidikan harus menciptakan suasana yang membahagiakan, baik di dalam sekolah (indoor)  maupun di luar sekolah  (outdoor) bahagia buat guru, bahagia buat peserta didik, bahagia buat orang tua, untuk semua umat," maka kompetensi peserta didik tidak hanya tumbuh diruang kelas, selebihnya tumbuh dalam lingkungan belajarnya. Kompetensi bukan bersifat individu melainkan kompetensi itu tumbuh bersama lingkungan.”

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan adanya  peningkatan hasil belajar peserta didik, hasil uji kompetensi dan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, prestasi satuan pendidikan beserta anggota, terwujudnya lingkungan belajar yang menyenangkan, adanya penghargaan serta dukungan finansial pemangku kepentingan, juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

Kepala LPMP mengucapkan terimakasih kepada Kepala SUPM Pontianak, telah mempercayakan LPMP Kalimantan Barat untuk mengawal Penjaminan Mutu di sekolah tersebut, dan memberikan apresiasi atas kerjasama yang  dilaksanakan, dan diharapkan kerjasama ini dapat berkelanjutan sehingga tercipta sebuah hubungan simbiosis mutualisme yang dilakukan oleh keduanya dalam mencapai dan mewujudkan tujuan pendidikan bersama. (Helda Rosida)

Dokumentasi

Read 2473 times Last modified on Tuesday, 25 February 2020 14:46