Wednesday, 12 February 2020 11:33

Peresmian SLB Negeri Nusak Jagoi Babang

Written by okt
Rate this item
(2 votes)

Bengkayang, 15 Februari 2020 – LPMP kalbar -  Direktur Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud, DR. Sanusi M.Pd meresmikan unit sekolah baru (USB) Sekolah Luar Biasa (SLB)  Negeri Nusak Jagoi Babang. SLBN Nusak Jagoi Babang berada di Desa Jagoi, jalan Dwikora Gang Tani Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.  Sekolah Luar Biasa Negeri ini dibangun sebagai bentuk layanan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia. Pembangunan ini tentunya mendukung program peningkatan akses dan pemerataan pendidikan khusus dan mendukung pemenuhan kebutuhan bangunan pendidikan untuk kegiatan pendidikan khusus.

 

Selain itu, SLBN Nusak Jagoi Babang juga dapat digunakan utk kegiatan lainnya seperti layanan khusus kegiatan non formal seperti pemberantasan buta huruf di daerah 3T.

 

Sebanyak 4 orang guru akan mengajar di SLBN Nusak Jagoi Babang. Guru tersebut merupakan lulusan sarjana pendidikan khusus Universitas Pendidikan Indonesia yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang. Peresmian ini menandai bahwa SLBN Nusak Jagoi Babang akan mulai aktif melaksanakan pembelajaran di tahun ajaran 2020/2021, bahkan telah terdapat 16 calon siswa yang berada di lingkungan SLBN Nusak Jagoi Babang.

 

Hadir dalam peresmian, Plh. Bupati Kabupaten Bengkayang, Obaja, SE, MSi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Suprianus Herman, SH, Kepala LPMP Kalimantan Barat, Asep Sukmayadi, S.IP, M.SI, tokoh masyarakat, warga sekitar dan tamu undangan lainnya.

Kepala LPMP Kalimantan Barat, Asep Sukmyadi, S.IP, M.Pd menyatakan bahwa pembangunan SLBN Nusak Jagoi Babang ini merupakan contoh baik sinergi yang harus terus dilakukan untuk layanan pendidikan terbaik, khususnya di daerah terdepan dan terluar. Oleh karenanya, LPMP Kalimantan Barat akan memperkuat sinergitas seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk lebih mempertajam program pengembangan kualitas layanan pendidikan di daerah seperti di Kabupaten Bengkayang. Peresmian ini merupakan langkah nyata dari 'memerdekakan belajar' anak-anak berkebutuhan khusus secara inklusif. LPMP Kalimantan Barat berkomitmen untuk terus hadir karena seluruh warganegara khususnya anak-anak berkebutuhan khusus juga berhak atas masa depan yang gemilang sebagaimana generasi emas lainnya di seluruh Kaliman BarT dan Tanah Air.

 

Pembangunan SLBN Nusak Jagoi Babang merupakan  hasil kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan dan dengan pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus.

 

Pembangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang menggunakan sumber dana Bantuan Pemerintah dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus Ditjen Dikdasmen Kemdikbud dengan metode swakelola oleh Komite Pembangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang. Hasil dari pelaksanaan bantuan pemerintah ini oleh pihak Komite Pembangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang selaku penerima bantuan telah terlaksana dengan baik, lengkap dengan komponen aksesbilitas pada bangunan. Apresiasi yang sangat besar diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang yang telah menghibahkan tanah untuk lokasi pembangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang dan menyerahkan pengelolaan sekolahnya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat.

 

Bangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang ini terdiri dari : Ruang Kantor yang terdiri dari : Ruang Pimpinan, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Konseling, Ruang UKS, Ruang Organisasi Kesiswaan, Ruang Kelas Umum 6 lokal. Sementara Ruang Pembelajaran Khusus 6 lokal yang terdiri dari Ruang Orientasi Mobilitas untuk Tunanetra, Ruang Bina Wicara untuk Tunarungu, Ruang Bina Persepsi Bunyi dan Irama untuk Tunarungu, Ruang Binadiri untuk Tunagrahita, Ruang Binadiri dan Bina gerak untuk  Tunadaksa, Ruang Bina Pribadi dan Sosial untuk Tunalaras. Ruang pendukung lainnya adalah Perpustakaan, Ruang Keterampilan, Ruang Ibadah/ Mushola, dan Gudang

 

Bangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang ini juga dilengkapi meubelair untuk mendukung penyelenggarakan kegiatan pendidikan di sekolah. Total Nilai Bantuan USB SLBN Nusak Jagoi Babang  adalah Rp 2.347.110.000,00 dengan nilai bantuan untuk meubelair mencapai Rp 190.000.000,00

 

Dengan pembangunan USB SLBN Nusak Jagoi Babang tersebut, semua pihak berharap bisa bermanfaat untuk menunjang pendidikan para penyandang kebutuhan khusus yang berada di daerah perbatasan yang selama ini kurang mendapat perhatian. (Okta)

Dokumentasi

Read 740 times Last modified on Wednesday, 19 February 2020 11:48