Friday, 17 July 2020 19:15

Sosialisasi SPMPDM Dengan Pemerintah Daerah Secara Daring

Written by
Rate this item
(0 votes)

Pontianak,15/07/2020 - LPMP Kalbar - Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah (SPMPDM) adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah yang saling berinteraksi secara sistematis, terencana dan berkelanjutan. Tujuan SPMPDM adalah untuk menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan secara sistemik, holistik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu. Sistem penjaminan mutu dibedakan menjadi sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) dan sistem penjaminan mutu internal (SPMI)

Dalam rangka pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah, maka LPMP Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi SPMPDM kepada Pemerintah Daerah secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi yang terdiri dari Sekretaris Daerah, anggota Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) dan Koordinator Pengawas.  Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Juli 2020 dengan Narasumber Kepala LPMP Kalimantan Barat Bapak Asep Sukmayadi, S.Ip, M.SI, Kasi FPMP Ibu Suprapti, M.Pd dan Widyaiswara LPMP Ibu DR. Herlina, SE, M.Pd dan Bapak Suhendri, S.Pd, M.Sc.

Kegiatan ini bertujuan untuk  mensosialisasikan SPMPDM dan Peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan SPME yang sangat penting dimasa Covid 19 dengan memperhatikan kebijakan Mendikbud tentang pokok-pokok kebijakan merdeka belajar dan Kebijakan LPMP Kalimantan Barat yang akan bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam pelaksanaan SPMPDM.

Pada kegiatan ini LPMP Kalimantan Barat juga menyampaikan data hasil pemetaan, supervisi dan fasilitasi pada sekolah binaan di 14 Kabupaten/Kota yang telah dilaksanakan pada tahun 2016-2019 berdasarkan capaian pada Rapor  Mutu sekolah. Data Rapor Mutu satuan pendidikan diharapkan dapat dijadikan dasar oleh Pemerintah Daerah dalam mendukung implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), sehingga diharapkan pada tahun 2024 seluruh satuan pendidikan dapat mengimplementasikan SPMI agar standar mutu pendidikan yang telah ditetapkan dapat dicapai.

sumber : http://dikdasmen.kemdikbud.go.id

Read 639 times Last modified on Monday, 27 July 2020 15:12